Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

pidgin aplikasi chatting bagi pengguna ubuntu

 

1. Tentang Pidgin
Pidgin merupakan salah satu aplikasi chatting yang bersifat open source. Pidginbisa digunakan multiplatform/multi OS (GNU/Linux, Windows dan MacOS) dan kelebihan dari  Pidgin  adalah mendukung beberapa  protokol  chating,  sebagai berikut:


• AIM
• Bonjour
• Facebook (plugin tambahan)
• Gadu-Gadu
• Google Talk
• GroupWise
• ICQ
• IRC
• MSN
• MXit
• MySpaceIM
• Napster
• QQ
• SILC
• SIMPLE
• SNPP
• Sametime
• XMPP
• Yahoo
• Yahoo Japan
• Zephyr


Dengan  Pidgin maka  chatting dengan teman di  Yahoo Messenger,  berbicara dengan  teman  di  Google  Talk, dan  juga  dengan  teman  di  IRC  channel semuanya dapat dilakukan pada waktu yang sama dan dalam satu window. Tampilan utama  pidgin contoh menggunakan protokol  yahoo dan facebook.

 

image

2. Instalasi Pidgin di Ubuntu


Untuk  menginstall  Pidgin di  Ubuntu cukup  mudah  karena  repository  pidgin sudah  tersedia  di  Synaptic  Package  Manager.  Buka  Terminal  (Application  - Accessories - Terminal), Kemudian ketikkan perintah berikut:


$ sudo apt-get install pidgin


Kemudian tekan enter dan masukkan password. Tunggu beberapa saat hingga  proses instalasi Pidgin selesai.


3. Penggunaan Pidgin
Setelah Pidgin berhasil diinstall saatnya menggunakannya untuk chating, buka aplikasi Pidgin melalui menu Application - Internet - Pidgin Internet Messenger.  Untuk  bisa  menggunakan  Pidgin anda  harus  mendaftarkan  setidaknya  satu account yang  aktif,  untuk  mendaftarkan  akun  langkahnya  adalah  sebagai berikut:


Klik menu Account - Manage Account – Add


Jika kolom isian sudah tampil maka isi dengan petunjuk berikut:


Protocol : isi dengan protokol account anda, misalkan Yahoo!
Username : isi dengan username account anda
Password : isi dengan password account anda
Remember password : cek kolom ini jika anda ingin Pidgin mengingat password yang anda  gunakan,  sehingga  anda tidak  perlu lagi  mengetikkan  password setiap kali menjalankan Pidgin.
Local alias : isi dengan nama panggilan anda New Mail Notification : Notifikasi/pemberitahuan jika ada email masuk
Use  this  buddy  icon for  this  account :  jika  dicek,  maka  ikon gambar  kecil dibawahnya akan aktif.  Klik ikon ini  untuk mencari  dan mengupload gambar profil anda.


Jika telah selesai melengkapi data diatas  klik  tombol ‘Add’. Sampai langkah ini pidgin telah dapat digunakan untuk chatting bersama teman anda, tergantung protokol yang anda pakai.
Pidgin  juga dilengkapi dengan berbagai macam plugin untuk memaksimalkan penggunaannya, misalnya:


- Text Replacement: mengganti  kata yang disingkat dengan kata yang benar  contoh “y” akan diganti  segera dengan “why” yang bisa diubah-ubah pada konfigurasinya.
- A Buddy Ticker: menunjukkan user yang online saat ini.
- History: menyimpan pembicaraan  chatting yang sedang dilakukan maupun  yang sudah lama dengan mengaktifkan log.
- Iconify on Away: memberi tahu kepada temen-teman chatting bahwa sedang  tidak ada ditempat (away).
- Spell  Checking: akan memberi  tahu bahwa kata yang diketik adalah salah  (dalam bahasa inggris) dengan memberi tanda garis bawah merah.
- Tabbed Conversations:  chatting  dengan teman bisa  dilakukan dalam satu  window dengan banyak TAB maupun dengan window yang terpisah sejumlah teman yang kita ajak chatting.
- dan masih banyak lagi.

 

image

Selain dilengkapi dengan plugins diatas Pidgin juga memiliki fitur-fitur sebagaiberikut:


1. Chat-conference
Merupakan  fitur  konferensi  bersama  teman-teman  dimana  anda  bisa bergabung  (join)  atau  membuat  (create)  room.  Caranya  untuk  memulai (membuat  ruang  konferesi)  dengan  klik-kanan  buddy/teman  anda  padaBuddy List, kemudian pilih  Initiate Conference, maka akan terbuka  window
baru berisi  nama-nama yang ikut  dalam konferensi.  Dikonferensi  ini  anda bisa  mengundang  teman-teman  lain  agar  bergabung  dalam  konferensi dengan klik conversation – invite – tulis nama teman yang diundang.


2. Music tracker
Merupakan  fitur  untuk mengganti  status  dengan  lagu  yang  sedang didengarkan.


3. Facebook chat
Merupakan  chat facebook  pada  pidgin  instant messenger.  Bila  ingin menggunakan  facebook-chat instal  dulu  pluginnya  (sudah  ada  pada repositori). Kemudian buat account seperti biasa dengan protokol facebook.


 

4. Smiley Theme
Default  pidgin  sudah  mempunyai  smiley  sendiri,  tetapi  bisa  diekspan kemudian  diubah  sesuai  keinginan  masing-masing.  Salah  satu  contohnya Pidgin dengan animasi emoticons Y!M (ada di forum Ubuntu-Indonesi.Com).


5. Bonjour
Merupakan  fasilitas  pidgin  untuk  chat via  LAN (lokal  chat).  Buat  account dengan protokol  bonjour, chat dengan teman sebelah bisa langsung dimulai (dengan  syarat  teman  sebelah  juga  sama-sama  menggunakan  pidgin bonjour).

 

image

 

Menggunakan  pidgin  sebagai  aplikasi  chating via LAN  dengan memanfaatkan protokol  bonjour  sangat  mudah.  Add  account dimenu  Accounts  -  Manage Accounts  kemudian isikan  account yang anda inginkan lalu pastikan memilih type  protocol  bonjour.  Untuk  isian  hostname dibiarkan  saja  karena  aplikasi pidgin mampu mendeteksi  hostname komputer yang digunakan. Lihat gambar PD.4 buat detail.

 

image

 

Klik tombol  Add untuk mengaktifkan. Lakukan hal yang sama dikomputer lain menggunakan  pidgin  dengan  username  yang  berbeda.  Jika  telah  dibuat harusnya tanpa merubah atribut apa-apa chating di  Local Area Network sudahdapat dilakukan.


Selain  itu  pidgin  juga  mendukung  protokol  XMPP  yang  merupakan  fasilitas untuk melakukan  chat  nimbuzz tapi  dengan catatan anda sudah mempunyai account di nimbuzz.
Dengan fasilitas ini, chating dengan teman-teman di  facebook, ym, twitter dan MySpace dapat dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat setup account menggunakan protokol XMPP sebagai berikut:


Type Protocol : XMPP
Namapengguna : nama buat login
Domain : nimbuzz.com
Sumber daya : pidgin
Kata sandi : xxxxx
Alis lokal : bebas mau diisi nama apa
Perhatikan gambar dibawah untuk lebih jelasnya

 

image

 

Berikut  preview aplikasi  pidgin ketika  mengaktifkan  account di  nimbuzz

 

image

sekian tutorial kali ini …..

sumber psotingan : www.ubuntu-indonesia.com