Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara merubah tampilan windows xp

cara merubah tampilan windows xp

       bagi kalian pecinta windws xp. dan mungkin kalian merasa bosan dengan tamppilan windows xp. nah... disini saya akan memberitahu bagaimana caranya agar windows xp kalian terlihat cool. tanpa harus menginstal ulang.
nah mungkin, Terkadang ada kesalahan pemahaman antara Themes dan Visual Styles. Visual styles ini merupakan file dengan ekstensi .msstyles, yang berisi informasi bagaimana windows akan ditampilkan, seperti Toolbar skin, start button, border, button dan lainnya.

    Sedangkan themes merupakan file .theme yang berisi informasi tambahan seperti icon, wallpaper, cursor dan lainnya. Didalam file themes ini juga bisa berisi informasi visual styles yang digunakan.

Contohnya:
       bisa melihat file di directory C:\WINDOWS\Resources\Themes. Disana ada file Luna.theme dan juga luna.msstyles (dalam folder luna). Untuk file .theme bisa dibuka dengan Notepad atau Wordpad, dan bisa langsung di edit isinya.
nah kita harus mengubah pengaturan visual style...
  • berikut caranya :
Visual Styles windows bisa kita buka melalui : 

Klik kanan Desktop -> Properties -> Appearance. 

Dan Windows XP hanya menyediakan 3 visual styles bawaan, yaitu : Default (blue), Olive Green dan Silver.

   Ijin pengaturan tampilan visual ini sebenarnya intinya terletak pada file Uxtheme.dll, yang berlokasi di C:\WINDOWS\system32. Agar kita bisa menggunakan visual styles dari luar (pihak ketiga), maka file Uxtheme.dll ini harus sedikit diubah (patch). Untuk melakukan hal itu, kita bisa menggunakan UXTheme Multi-Patcher atau UxStyle.

UXTheme Multi-Patcher

    Program ini berukuran sekitar 1.1 MB dan setelah di install akan mengubah file Uxtheme.dll, sehingga kita bisa mengaktifkan dan menggunakan visual styles dari pihak ketiga. Dapat berjalan di Windows XP ( Gold/SP1/SP2/SP3) dan Windows Server 2003 ( SP1 dan SP2).

  • bagi yang ingin download aplikasinya silahkan 



 cara merubah tampilan windows xp
  • Klik Patch, dan akan muncul informasi versi windows. Jika cocok klik OK. Maka akan berlanjut dengan proses patch file windows, seperti tampilan berikut :
 cara merubah tampilan windows xp


  • Selanjutnya akan muncul screen dibawah ini, dan klik ok
cara merubah tampilan windows xp


  • Setelah selesai, maka diperlukan restart terlebih dahulu. 
  • Selanjutnya kita bisa menggunakan berbagai visual styles dari pihak ketiga. 
  • Untuk mengembalikan Uxtheme.dll ke kondisi sebelumnya, jalankan kembali program UXTheme Multi-Patcher 14.0.exe.




nah, bagaimana gampang kan.... bagi kalian yang tidak sabar langsung saja praktekkan.
 oh... yaa,bagi yang ingin tema windowsnya,di blog saya ada sedikit thema windows yang dipostingkan jika ingin mencobanya silahkan


segitu saja tips dari saya. saya haya memohon untuk mengklik iklan yang ada diblog ini..terima kasih.