penjelasan tentang wimax

Tags

wimax


TEORI DASAR 

     wiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.
Pada jaringan selular juga telah dikembangkan teknologi yang dapat mengalirkan data yang overlay dengan jaringan suara seperti GPRS, EDGE, WCDMA, dan HSDPA. Masing-masing evolusi pada umumnya mengarah pada kemampuan menyediakan berbagai layanan baru atau mengarah pada layanan yang mampu menyalurkan voice, video dan data secara bersamaan (triple play). Sehingga strategi pengembangan layanan broadband wireless dibedakan menjadi Mobile Network Operator (MNO) dan Broadband Provider (BP). Perbandingan beberapa karakteristik sistem wireless data berkecepatan tinggi digambarkan oleh First Boston seperti berikut.

    WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh. WiMAX merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga membawa isu open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX layak diaplikasikan untuk ‘last mile’ broadband connections, backhaul, dan high speed enterprise.

PRINSIP DASAR wiMAX
          wiMAX ini mengarah ke Wireless Metropolitan Area Network (WMAN). wiMAX menggunakan akses wireless broadband hingga 50 km untuk stasiun tetap, dan 5-15 km untuk stasiun bergerak
Sebagai perbandingan WLAN (WiFi) standart 802.11 hanya menjangkau sekitar 30-100 meter.
WiMAX singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, atau dalam standart IEEE dikenal dengan nama 802.16. WiMAX ini akan meniru cara kerja telepon seluler untuk akses internet broadband.
Mudahnya, cara kerja WiMAX mirip dengan WiFi. Tetapi WiMAX mempunyai kecepatan yang lebih tinggi, jangkauan yang lebih luas, dan pengguna yg lebih banyak. WiMAX ini juga berpotensi untuk mengatasi masalah akses internet di desa-desa, yang belum punya akses internet karena tidak terjangkau kabel telepon.
 
Sistem WiMAX terdiri atas dua bagian,
  •  WiMAX tower, seperti halnya konsep telepon seluler tower (atau BTS), atau AP pada WiFi. Sebuah tower WiMAX tower dapat meng-cover jangkauan seluas kira-kira 8,000 square km.
  •  WiMAX receiver - Penerima dan antenna berupa small box atau PCMCIA card, atau sistem yg terintegrasi ke laptop sebagaimana WiFi saat ini.
WiMAX tower tersambung ke internet secara langsung dengan kabel yang high-bandwidth (seperti T3 line, atau optik). Selain itu juga bisa tersambung ke WiMAX tower sebelahnya dengan line-of-sight, microwave link. Sambungan ke tower sebelahnya ini yang sering disebut dngan istilah backhaul, berjarak sedemikian rupa sehingga dapat meng-cover jangkauan sampai rural area.


PRINSIP KERJA 


wimax


          Prinsip kerja WiMAX sama dengan WiFi. Sebuah komputer dengan fasilitas WiMAX akan dapat menerima dari stasiun pengirim WiMAX.
Bedanya, WiFi sampai saat ini mampu mengirim data 54 Mbps dalam kondisi optimal. Sementara itu WiMAX dirancang mampu sampai 70 Mbps.
Yang jadi fokus adanya WiMAX adalah masalah jangkauan wilayah. Inilah keunggulan WiMAX. Jangkauan WiFi hanya sekitar 100 feet (30 m), sementara WiMAX meng-cover jangkauan hingga 30 miles (50 km) dengan akses wireless-nya. Peningkatan jangkauan ini seiring dengan frekuensi yang digunakan dan daya pengirim (power of the transmitter).
Spesifikasi IEEE802.16
  •  Range : radius hingga 50 km dari bse station
  • Kecepatan 70 mb per detik
  •  Line of sight tidak diperlukan antara user dan base station
  •  Frequency Band 2-11GHz dan 10-66GHz (licensed dan unlicensed band)
jadi menurut saya wimax sendiri adalah solusi internet untuk masa  sekarang . tapi untuk di indonesia saat ini kurang memungkinkan untuk menggunakan  wimax itu sendiri.bahkan jika dilihat dari perkembanganya sendiri pada dindonesia menurut saya jika diumpamakan layu sebelum berkembang atau istilahnya sekarat. lalu bagaimana menurut anda ?? silahkan utarakan pendapat anda di kolom komentar blog ini.
 
bagi sobat yang ingin mengunduh ebook nya dengan format power point (ppt)


EmoticonEmoticon