Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara instal vga di ubuntu linux



tutorial instal vga di ubuntu linux
tutorial instal vga di ubuntu linux


1.Sekilas tentang Grafis Intel di GNU/Linux

Bagi pengguna Ubuntu, grafis yang ditawarkan Ubuntu memang sangat menarik, tentu saja ini menjadi nilai tersendiri bagi para pengguna yang baru saja migrasi dari OS lain. Bahkan oleh para end user yang sudah banyak mengenal GNU/Linux.

Hal ini tidak lepas dari makin banyaknya vendor video kartu grafis yang semakin terbuka dengan opensource sehingga memudahkan integrasi ke dalam lingkungan GNU/Linux. Berapa vendor besar penghasil kartu grafis yang cukup populer di pasaran antara lain Intel, ATI, Nvidia, SIS dan VIA.

Intel, merupakan salah satu vendor besar yang memiliki sejarah panjang dalam memproduksi driver opensource untuk chips grafis produksi mereka. Hampir sebagian chipset grafis dari Intel telah di-support dengan baik oleh Linux kernel dan bisa berfungsi dengan baik di GNU/Linux tanpa perlu konfigurasi lebih lanjut.

Jajaran terbaru dari kartu grafis Intel, seperti seri Graphics Media Accelerator (GMA) misalnya GMA 500, GMA 950 dan lain-lain merupakan generasi integrated processor grafis yang memungkinkan komputer di-build tanpa memerlukan kartu grafis terpisah, yang tentunya mengurangi biaya dan konsumsi listrik dan noise. Intel seri GMA umumnya ditemukan di notebook dan desktop, hampir 90% dari semua komputer telah memiliki grafis terintegrasi.


2.Mengetahui tipe dan model kartu grafis

Untuk mengetahui tipe video card yang ada di komputer dapat digunakan perintah lspci atau lshw maupun tool yang dapat mendeteksi hardware. Untuk mengetahui tipe video card dengan menggunakan perintah tersebut buka terminal dengan cara klik menu Applications → Accessories → Terminal, lalu ketikkan perintah dibawah ini.

$ lspci | grep VGA

Dengan demikian akan muncul informasi seperti dibawah ini.

00:02.0 VGA compatible controller: Intel Corporation 82845G/ GL[Brookdale-G]/GE Chipset Integrated Graphics Device (rev 03)

Perintah diatas akan memberikan informasi tentang kartu grafis yang digunakan seperti manufacture, model dan nomor revisi.
Atau menggunakan perintah lshw untuk dapat melihat tipe video card dengan mengetikkan perintah berikut di terminal.

$ sudo lshw -c display

Dibawahnya akan muncul informasi berikut.
*-display
description: VGA compatible controller
product: 82845G/GL[Brookdale-G]/GE Chipset Integrated
Graphics Device
vendor: Intel Corporation


physical id: 2
bus info: pci@0000:00:02.0 version: 03
width: 32 bits clock: 33MHz
capabilities: pm vga_controller bus_master cap_list configuration: driver=intelfb latency=0 module=intelfb

Seperti yang terlihat pada informasi di atas bahwa kartu grafis onboard di komputer penulis adalah chipset onboard intel graphic 82845G/GL (Brookdale-G)/GE atau seri i845.


3.Install driver grafis Intel di Ubuntu

Telah disebutkan sebelumnya bahwa hampir sebagian besar komputer yang menggunakan kartu grafis intel tidak mengalami masalah saat di install GNU/Linux, termasuk Ubuntu. Walaupun demikian beberapa kasus kadang memerlukan usaha lebih agar kartu grafis Intel bekerja maksimal. Jadi end user tidak perlu terlalu khawatir dengan masalah driver VGA Intel.

Di Ubuntu, driver untuk chipset grafis Intel ada dalam paket xserver-xorg- video-intel. Seperti yang terlihat pada gambar VG.1 bahwa paket xserver- xorg-video-intel merupakan driver untuk chipset grafis intel seri family Intel i8xx dan i9xx chipsets termasuk di dalamnya adalah seri i810, i815, i830, i845, i855, i865, i915, i945 dan i965.


tutorial instal vga di ubuntu linux


Berikut  ini  cara  install  grafis  Intel  di  Ubuntu,
  •  klik  menu  → Applications  → Accessories  → Terminal. 
  • Kemudian ketikkan perintah berikut$ sudo apt-get install xserver-xorg-video-intel
Jika ingin mendownload  dan  compile  sendiri  driver grafis intel, Anda dapat download  di  http://intellinuxgraphics.org/download.html (gambar  dibawah ini )dengan mengambil paket release stable terakhir.

tutorial instal vga di ubuntu linux

4. Bagaimana agar driver bekerja dengan baik

Pada umumnya kartu grafis  intel bekerja dengan baik,  namun adakalanya akan  bermasalah.  Agar  driver  intel  bekerja  dengan  baik,  ada  beberapa komponen yang diperlukan sebagai berikut.
  • agpgart  : modul kernel untuk driver AGP GART
  • drm : modul kernel untuk support Direct Rendering Manager  (DRM)
  • libdrm : interface userspace terhadap modul kernel DRM
  • libgl1-mesa-dri : implementasi free OpenGL DRI API
  • libgl1-mesa-glx : GLX runtime support untuk openGL rendering
  • Mesa-utils : berbagai utilitas untuk Mesa GL utilities
  • Mesa dan dukungan 3D
Catatan:
Beberapa hal dibawah ini  mungkin akan bermanfaat saat  driver  grafis tidak
bekerja  dengan  optimal.  Jadi  saat  driver  sudah  bekerja  dengan  baik,
sebetulnya tidak terlalu perlu mengkonfigurasi secara manual.

5.Mengecek support DRM

DRM  (Direct  Rendering  Manager)  merupakan  sebuah  usaha  untuk memaksimalkan  Xorg pada  akselerasi  3D  pada  kartu  grafis  denganmenambahkan  modul  kernel  yang  digunakan  untuk  keperluan  directrendering.
Anda dapat mengecek apakah kernel yang sedang berjalan di sistem Ubuntu telah dikonfigurasi agar support  DRM atau tidak. Untuk melihatnya jalankan perintah berikut pada terminal.

$ cat /boot/config-`uname -r` | grep CONFIG_DRM_I

Maka akan muncul informasi berikut.
CONFIG_DRM_I810=m
CONFIG_DRM_I830=m
CONFIG_DRM_I915=m

Jika tampak seperti di atas berarti  VGA Intel  yang digunakan support fungsi Direct Rendering Manager  (DRM)

6.Mengaktifkan driver Intel

Agar  grafis  bekerja  menggunakan  driver  intel,  yakinkan  bahwa  X  server  sudah  dikonfigurasi  menggunakan  driver  intel.  Hal  ini  bisa  dilihat  dengan mengedit  konfigurasi  /etc/X11/xorg.conf,  dengan  menambahkan/mengedit dan menggunakan Driver “intel' di section Device seperti tampak dibawah ini.
Section "Device"
Identifier "name"
Driver "intel"
Entries...
...
EndSection
Secara default  file xorg.conf untuk Ubuntu 9.10 dan 10.04 tidak ada filenya.Untuk  membuatnya  bisa  di  copy-paste dari  Ubuntu  lama  atau  bisa  dari failsafe dan generate sendiri.

Copy dari failsave
$ sudo cp /etc/X11/xorg.conf.failsafe /etc/X11/xorg.conf

Generate sendiri.
$ cd /etc/X11/
$ sudo Xorg -configure :1
$ sudo cp /etc/X11/xorg.conf.new /etc/X11/xorg.conf

7.Mengaktifkan fungsi DRI

DRI  singkatan dari  Direct  Rendering Infrastructure, merupakan tools  yang memungkinkan  akses  langsung  ke  hardware  grafis  di  bawah  X  Window System dengan cara yang aman dan effisien.

Pertama, module GLX dan DRI harus di load dengan cara sebagai berikut:
Section "Module"
# ...
Load "glx"
Load "dri"
# ...
EndSection
Section "DRI"
Mode 0666
EndSection

Setelah  restart  X  server,  Anda  dapat  mengecek  apakah  direct  rendering sudah  aktif  dengan  menjalankan  tool  glxinfo  (merupakan  tool  dari  paket mesa-utils).
$ glxinfo

hasil output perintah glxinfo seharusnya direct rendering: Yes dan driver  intel siap untuk di gunakan.

sumber : http://ubuntu-indonesia.com/