Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

media untuk instal ubuntu




media untuk instal ubuntu
media  instalasi ubuntu

   Media instalasi  merupakan media yang digunakan untuk menginstall  distribusi- distribusi  GNU/Linux  termasuk  Ubuntu.  Pada  dasarnya  media  instalasi  yang dijelaskan disini digunakan juga oleh distribusi GNU/Linux lainnya.
      Distribusi biasa disebut distro merupakan kernel linux (OS) beserta paket­paket aplikasi yang dibundle
sedemikian rupa. seperti ubuntu, redhat, centos, slackware dan lainnya. www.distrowatch.com Ada beberapa pilihan media instalasi  yang dapat  digunakan untuk  menginstall  distribusi Ubuntu pada komputer anda yaitu:
  • Media CD/DVD ROM Media ini  merupakan media instalasi  yang paling populer dan menjadi  media utama  yang  ditawarkan  oleh  pihak  pengembang  termasuk  Ubuntu  sendiri.Media ini  bisa diperoleh dengan cara request free CDs (Shipit) atau membeli dari pihak ketiga, bisa juga download file ISO kemudian burn ke CD.
  • Media Flash Disk  BIOS komputer harus mendukung booting dari USB. Media flash disk ini cocok untuk komputer-komputer yang tidak memiliki  CD/DVD drive seperti  netbook yang banyak digunakan saat ini.  Tekniknya sangat  sederhana yaitu ISO file yang telah didownload disimpan ke flash disk dengan teknik tertentu yang akan dibahas tersendiri pada bagian berikutnya.
  • Lainnya Selain  kedua  media  diatas  ada  beberapa  media  lain  yang  bisa  digunakan seperti harddisk, FTP dan NFS. Bagaimana mendapatkan master installer Ubuntu? Jawabannya  sangat  mudah tentunya,  akses  ubuntu.com situs  resmi  developer Ubuntu.  
untuk cara no .3 Disitus  ini  ada  dua  alternative  pilihan  yang  dapat  digunakan  untukmemperoleh installer Ubuntu yaitu dengan cara download file ISO atau pesan CD
Ubuntu Gratisan (Shipit), berikut penjelasan kedua cara tersebut.

1.  Download file ISO Ubuntu

       Pada umumnya master distro GNU/Linux disediakan dalam format ISO file yang merupakan format terkompresi dalam bentuk image file. Khusus untuk Ubuntu dapat  didownload  di  http://ubuntu.com/download.  File  ISO yang  disediakan dikategorikan dalam beberapa bagian yaitu:

a.  Ubuntu Desktop
        Diperuntukkan  untuk  komputer-komputer  desktop  termasuk  laptop  dan sejenisnya kecuali  netbook.  Dalam keadaan terpaksapun sebenarnya jenis desktop bisa berjalan dengan baik dinetbook.  Dibutuhkan memory dengan kapasitas minimal 256MB untuk menginstall versi ini, agar berjalan dengan baik dari pengalaman penulis sebaiknya memory diatas 512MB. Setiap versi Ubuntu Desktop dibagi  dalam dua kategori  berdasarkan jenis  microprocessor yaitu:

    • Ubuntu Desktop 32-bit
    Jika  anda  menggunakan  mikroprocessor  keluaran  intel  maka  jenis  ini yang harus anda download.  Ubuntu Desktop 32-bit  biasa juga disebut X86 atau  i386  dimana  i  merujuk  ke  code  name  intel.  Jenis  ini  juga digunakan untuk AMD 32 bit.

    • Ubuntu Desktop 64-bit
    Jika anda menggunakan mikroprocessor  keluaran AMD 64 bit  pastikan mendownload jenis ini. Berlaku juga untuk jenis arsitektur EM64T seperti Athlon64, Opteron, EM64T Xeon dan Core 2.
    b.  ubuntu server

         Diperuntukkan bagi  komputer-komputer kelas server dan tanpa dukungan terhadap lingkungan Grafical User  Interface (GUI)  secara default.  Ubuntu server  hadir  dengan  lingkungan  Command  Line  Interface  (CLI)  secara default.  Jika  anda  telah  menginstall  Ubuntu  Server  jangan  lagi  mencari tampilan grafis. Jenis ini tersedia dalam dua kategori seperti diversi Ubuntu Desktop yaitu Ubuntu Server 32-bit dan  Ubuntu Server 64-bit.

    c.  Ubuntu Alternate

    Jika anda memiliki  memory dibawah 256MB dengan spesifikasi  hardware yang pas-pasan sebaiknya  menggunakan Ubuntu Alternate sebagai  solusi karena proses instalasi disajikan dalam mode text menu. Selain itu dengan CD alternate, upgarde versi Ubuntu dapat dilakukan tanpa perlu ada koneksi internet  keserver  Ubuntu.  Jenis  ini  tersedia  dalam  dua  kategori  seperti diversi Ubuntu lainnya yaitu Ubuntu alternate 32-bit dan  Ubuntu alternate 64-bit.

    Ubuntu Netbook
    Diperuntukkan untuk netbook yang tersedia 2 versi yaitu:

    • Netbook live CD
    Jika  netbook  anda  memiliki  externel  CD  drive  untuk  digunakan  live cd/install.  Tidak  ada  perbedaan   versi  untuk  jenis  ini  karena  sudah mendukung intel/amd dan jenis lainnya.

    • Netbook live image
    Tersedia untuk platforms ARM yang terdiri atas:

    • Marvell Dove netbook live image
    • Freescale i.MX51 netbook live image

    Kedua jenis ini hanya mendukung booting dengan usb image.

    Kesalahan umum yang terjadi ketika seorang pemula yang telah mendownload salah satu file ISO yaitu CD Ubuntu yang telah diburn tidak dapat melakukan proses booting karena file ISO diburn sebagai file data yang seharusnya harus diburn sebagai image file.
    Perhatian buat pemula, file ISO yang telah didownload harus diburn sebagai image.

    Jika bandwidth internet yang anda miliki  pas-pasan sebaiknya download dari server  yang  berlokasi  di  Indonesia.
    Berikut  daftar-daftar  yang  kami rekomendasikan:


    2.   Pesan CD Ubuntu Gratisan (Shipit)

    Cara  ini  membutuhkan  waktu  karena  dikirim  langsung  dari  luar  negeri. Gunakan fasilitas Request free CDs (Shipit) yang ada di  website ubuntu.com dengan url https://shipit.ubuntu.com. Selain cara diatas ada beberapa alternative pilihan yaitu dengan cara membeli master  Ubuntu  dari  penyedia  jasa  yang  disediakan  oleh  pihak  ketiga,  salah satunya bisa diorder di www.okusicomputersupport.com

    sumber didapat dari : FORUM UBUNTU-INDONESIA.COM