aria aplikasi internet donwload manger versi ubuntu

Tags

 

             Bagi  end user  yang sering berhubungan dengan dunia maya/internet  tentunya  akan sering melakukan download file, baik itu untuk keperluan tugas-tugas kuliah, dokumentasi, program, lagu, video dan sebagainya.
Jika  koneksi  internet  yang  digunakan  cepat,  bandwidth yang  besar  tentunya download mendownload  tidak terlalu menjadi  masalah.  Namun jika koneksinya pas-pasan,  akan sangat  “melelahkan”  mendownload suatu file,  apalagi  jika file yang didownload berukuran besar. ..capek deh..:), sedang asiknya mendownload, eh koneksi lemot bahkan putus, akibatnya terpaksa download dari awal lagi.
Namun sekarang,  ketidaknyamanan  seperti  itu  sedikit teratasi  dengan  adanya aplikasi download manager Ubuntu. Download manager merupakan program yang dibuat untuk mengorganisir file yang didownload dari Internet. Tidak seperti  web browser dimana fungsi utamanya adalah digunakan untuk membrowsing halaman di  internet, dan kemampuan akan download file menjadi  fitur kedua yang tidak terlalu penting.
Suatu  download  manager  yang  baik  dan  handal  biasanya  memiliki  beberapa fitur/kemampuan sebagai berikut:


• Menghentikan (pause) proses download file berukuran besar.
• Melanjutkan kembali (resume) proses download yang terhenti atau di-pause.
• Mampu mendownload file pada koneksi internet yang kurang stabil.

• Mampu mendownload beberapa file dari suatu internet secara otomatis.
• Mampu melakukan download secara terjadwal (queue).
• Dan berbagai fitur lain yang memungkinkan mendownload lebih cepat.
Salah  satu  download  manager  di  lingkungan  GNU/Linux  yang  cukup  populer adalah aria2. Aria2 merupakan tool download manager karya Tatsuhiro Tsujikawa, tujikawa@users.sourceforge.net yang bisa berjalan di Windows,  GNU/Linux  dan Mac OSX.  Aria2 datang dengan berbagai  kemampuan,  mampu support  http(s), ftp,  bittorrent  dan metalink.  Aria2 dapat mendownload file dari berbagai sumber menggunan berbagai protokol dan mempergunakan dengan maksimal bandwidth yang tersedia untuk download, sehingga benar-benar mempercepat pengalaman berdownload ria.   Intinya  dengan  Aria2  transfer  download dapat  di-pause,  diresume dan disimpan

 

1. Kenapa menggunakan Aria2?


Ada berbagai  macam alasan  kenapa menggunakan  aria2,  meskipun banyak lternatifnya seperti wget dan curl, tetapi aria2 mempunyai fitur yang menarik: ria2 dapat mendownload sebuah file dari  beberapa server  secara simultan.
Beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh aplikasi aria2 adalah:
◦ Support  banyak  protokol  :  aria2 mensupport  beberapa  protokol  populer, ttp, https, ftp, bittorent dan metalink.
◦ Multi  koneksi :  aria2 dapat mendownload sebuah file dari berbagai sumber an  protokol  serta  mempergunakan  secara  maksimal  bandwidth  untuk  download sehingga mempercepat proses.
◦ Ringan dan cepat : aria2 tidak memerlukan banyak memory dan waktu CPU. enggunaan  memory  biasanya  sekitar  4  MiB  (untuk  download  HTTP/FTP ormal) dan sekitar 9MiB (untuk download BitTorrent).
◦ Support akan berbagai fitur untuk client BitTorrent dan metalink.
◦ Support akan http proxy, gzip dan deflate encoding.
◦ Mampu membaca dan mengenali  cookies dari firefox dan mozilla serta juga ampu menyimpan cookies dalam format tersebut.
◦ Dan berbagai fitur lain (silahkan bisa dicari sendiri di internet)

Karena berbagai fitur menarik serta supportnya akan  bittorent  dan  metalink,  beberapa distribusi GNU/Linux bahkan sudah mengintegrasikan aria2 ke dalam istribusi  resminya.  Mandriva Linux telah menggunakan  aria2  dalam  packet anager urpmi  dengan dukungan metalink-nya, Fedora dengan yum-nya, danOpenSuse sudah mengintegrasikan dalam paket manager Zypp.

2. Perbedaan aria2 dengan download manager klasik
Pertama,  aria2 merupakan download manager yang mendukung “segmented” ownload yaitu suatu teknik yang memungkinkan mendownload file yang sama ari  beberapa  server  pada  waktu  yang  bersamaan.  Aria2  juga  support  file etalink. Dengan jenis file metalink ini, end user dapat menentukan untuk tiap ile yang akan didownload dari satu atau lebih mirror. Dengan menambahkan eberapa source ke tiap-tiap file,  aria2 dapat memilih mirror tercepat untuk ser dan kembali ke server lain jika terjadi error pada salah satu server mirror ersebut.
Dengan download manager klasik semacam curl  hal ini  tidak ditemukan,  enduser  harus menentukan mirror tujuan favorit tetapi  beberapa masalah dapatterjadi yaitu:


◦ Mirror yang digunakan sedang “down”.
◦ Mirror yang lambat karena padatnya trafik dijaringan mirror.Dengan menggunakan aria2, masalah tersebut dapat diatasi karena :
◦ Jika mirror  down atau “out  of  sync”,  aria2 secara otomatis  akan memilih server terbaik berikutnya untuk user.
◦ Tiap mirror di test, dan statistik dilaporkan untuk mendapatkan mirror yang performansinya bagus untuk download berikutnya.


3. Berbagai macam Download Manager di GNU/Linux
Sebelum mengenal lebih jauh tentang  aria2 ini,  ada baiknya mari  mengenaltool  download manager lain dilingkungan  GNU/Linux.   Berbagai  macam  tool download manager sudah sangat banyak dari yang berbasis teks sampai yangmemakai interface grafis, di antaranya:
◦ Wget :  wget merupakan  utility  command  line  untuk  mendownload  danmenerima file dari  web menggunakan protokol  http/ftp.  Wget merupakantool  yang sangat  umum dan hampir  ada  di  semua  distribusi  GNU/Linux.Wget juga  support  terhadap  server  proxy,  sehingga  dapat  meringankan
beban  jaringan.  Di  Ubuntu  Linux,  wget merupakan  download  managerdefault yang secara otomatis terinstall sehingga tidak perlu menginstallnya.
◦ Curl : seperti halnya wget, curl juga digunakan untuk mendapatkan file dariserver  menggunakan berbagai  protokol  yang disupport.  Curl dibuat  untukbekerja tanpa interaksi user. Ini juga tool yang hampir ada di tiap distribusiGNU/Linux.
◦ Axel :  Axel juga merupakan download manager command-line yang cukuppopuler selain aria2. Tidak seperti  wget,  axel berkemampuan mempercepatownload dengan menggunakan beberapa koneksi untuk satu buah file danjuga  dapat  menggunakan  beberapa  mirror  sekaligus  untuk  satu  prosesdownload.  Program  ini  cukup  ringan  (berukuran  25-30k  dalam  bentukbinary), sehingga bisa berguna sebagai pengganti  wget dalam sistem yangbenar-benar memperhatikan ukuran dan kecepatan download.  Axel  ini jugasangat populer sebagai download manager console di  GNU/Linux dan jugaterdapat interface grafis untuk axel.
◦ Jigdo  :  merupakan  utility  download  yang  pada  awalnya  dikembangkanDebian GNU/Linux untuk digunakan mendownload file dari  beberapa mirror untuk membentuk sebuah disk image. Ubuntu, Fedora, Solaris dan FreeBSDjuga tersedia melalui file jigdo.
◦ Downthemall :  merupakan Add-Ons dari browser  Mozilla  Firefox yangberfungsi sebagai download manager.Utility download di atas merupakan utility download berbasis teks selain itu adajuga yang berbasis grafis/GUI, antara lain :
◦ Gwget :  merupakan versi  front-end untuk  wget dari  GNOME  denganbeberapa  fitur  menarik,  seperti  icon  di  systray,  multiple  downloads dan preference manager yang powerfull.
◦ Wxdownloadfast :  juga  dikenal  sebagai  wxDFast merupakan  donwloadmanager  open  source  multi  platform  dan  multithreaded.  Untukmenggunakannya  dapat  mengunjungi  situsnya  resminya  di
http://www.getdeb.net/app.php?name=wxdownloadfast.
◦ Multiget :  merupakan  file  downloader  GUI  multiplatform yang  mudahdigunakan. Dibuat menggunakan program C++ dan berdasarkan wxWidgets.Bisa didapatkan dari http://www.getdeb.net/app/MultiGet.
◦ Downloader for X (d4x) : selain download manager berbasis grafis yangmudah dan powerful, juga bisa dijalankan melalui command line interface

 

◦ KGET :  Kget merupakan interface download manager  berbasis grafis dariKDE.

4. Installasi aria2 di Ubuntu Linux
Instalasi  aria2  di  Ubuntu  Linux  dan  distribusi  lainnya  turunan  DebianGNU/Linux dapat menggunakan perintah dibawah ini:

$ sudo apt-get install aria2


Agar  installasi  berjalan  lancar,  pastikan  repository yang  digunakan  sudah dikonfigurasi  dengan  benar  atau  jika  ingin  mendownload  dan  mengcompilesendiri maka bisa mendapatkan aria2 di http://aria2.sourceforge.net.

5. Menggunakan Aria2 di Ubuntu
Aria2 merupakan  program download  manager  berbasis  command  line,  jadiuntuk  menggunakannya  harus  menjalankannya  di  dalam  terminal/console(atau,  bagi  yang suka  scripting,  dapat  mempergunakannya  di  dalam scriptshell).
File binary dari  aplikasi aria2 ada di  /usr/bin/aria2c. Jadi  untuk menjalankanaria2 ini, kita mengeksekusi file aria2c tersebut.

6. Penggunaan Dasar Aria2
◦ Mendownload sebuah file cukup mengetikkan aria2c kemudian diikuti dengan link file yang akan didownload, contohnya:


$ aria2c http://host/image.iso

Catatan:
Aria2 secara  default  menggunakan  5 koneksi  untuk  mendownload 1 file.Untuk membatasi  jumlah koneksi,  misalkan hanya satu koneksi,  gunakanopsi  -s1.  Untuk  menghentikan  download,  tekan  Ctrl-C. Untukmelanjutkan/resume  download  dengan  menjalankan  aria2c denganargument yang sama seperti  pada saat mendownload pada direktori  yangsama. Kita dapat  merubah  URI  (Universal  Resource Identifier)/alamat  fileberada, sepanjang merujuk ke file yang sama.

Contoh:
Penulis mendownload sebuah file pdf dengan nama tdg-part1-en-2.0.6.pdf,sebuah dokumentasi dalam format pdf tentang SGML dan XML dari   alamat
http://bebas.vlsm.org/v06/SGML/DocBook_TheDefinitiveGuide/

najwa@najwa-desktop:~$ aria2c http://bebas.vlsm.org/v06/SGML/
DocBook_TheDefinitiveGuide/tdg-part1-en-2.0.6.pdf
*** Download Progress Summary as of Sat May 29 07:33:12 2010 **
================================================================
[#1 SIZE:192.0KiB/270.5KiB(70%) CN:5 SPD:5.07KiB/s ETA:15s]
FILE: ./tdg-part1-en-2.0.6.pdf
---------------------------------------------------------------
*** Download Progress Summary as of Sat May 29 07:34:12 2010 **
================================================================
[#1
SIZE:208.0KiB/270.5KiB(76%) CN:5 SPD:1.06KiB/s ETA:58s]
FILE:
./tdg-part1-en-2.0.6.pdf
----------------------------------------------------------------
Ini saat menekan Ctrl-C dan menghentikan proses transfer:
[#1 SIZE:208.0KiB/270.5KiB(76%) CN:5 SPD:0.00KiB/s]\

2010-05-29  07:36:38  NOTICE  -  Shutdown  sequence  commencing...
Press Ctrl-C again for emergency shutdown.
[#1 SIZE:208.0KiB/270.5KiB(76%) CN:1 SPD:0.00KiB/s]
Download Results:
gid|stat|path/URI
===+====+=======================================================
1|INPR|
http://bebas.vlsm.org/v06/SGML/DocBook_TheDefinitiveGuide/tdgpart1-en-2.0.6.pdf
(4more)
Status
Legend:


(OK):download  completed.(ERR):error  occurred.(INPR):download
in-progress.
aria2 will resume download if the transfer is restarted.
If there are any errors, then see the log file. See '-l' option
in help/man page for details.
Melanjutkan proses download:
najwa@najwa-desktop:~$ aria2c -c
http://bebas.vlsm.org/v06/SGML/
DocBook_TheDefinitiveGuide/tdg-part1-en-2.0.6.pdf
[#1 SIZE:270.5KiB/270.5KiB(100%) CN:4]
2010-05-29 07:47:27 NOTICE - Download complete: ./tdg-part1-en2.0.6.pdf
Download
Results:
gid|stat|path/URI
===+====+=======================================================

1|  OK|./tdg-part1-en-2.0.6.pdf
Status
Legend:


(OK):download  completed.(ERR):error  occurred.(INPR):download
in-progress.

Catatan:
Sesuaikan alamat server, nama file yang didownload dengan server tujuandan nama file yang anda gunakan.


◦ Download sebuah file dari 2 HTTP server yang berbeda


$ aria2c http://server1/file.zip http://server2/file.zip

◦ Download sebuah file menggunakan 2 koneksi


$ aria2c -s2 http://host/image.iso http://mirror1/image.iso
http://mirror2/image.iso

Catatan:
Jika ingin menentukan URI lebih dari nilai opsi -s, dalam contoh di atas opsi -s  adalah 2,  sedangkan  URI-nya ada 3 maka 2  URI  pertama yang akandigunakan sedangkan URI yang ke-3 digunakan untuk backup jika ke-2 URI pertama ada gangguan.


◦ Download sebuah file dari HTTP dan FTP server


$ aria2c http://host1/file.zip ftp://host2/file.zip


Catatan:
Kemampuan  aria2  yang  memungkinkan  mendownload  menggunakan  2protokol secara bersama-sama.


◦ Download secara pararel dari sembarang URI, metalink dan torrent


$ aria2c -Z http://host/file1 file2.torrent file3.metalink

Catatan:
Jika  hanya  menentukan  file  torrent  atau  metalink  yang  disimpan  dalam ardisk lokal,  maka opsi  -Z tidak diperlukan,  jadi  cukup dengan perintah ibawah ini:


$ aria2c file1.torrent file2.torrent


◦ Download  file  dari  alamat  URI  yang  ada  didaftar  list  files.txt  secarakonkuren.\


aria2c -ifiles.txt –j5


Catatan:
Opsi -j menentukan jumlah download konkuren, dan juga dapat memasukanfile  torrent dan  metalink ke  dalam list  file.  Lihat  bagian  lain  tulisan  ini tentang Input File.


◦ Menyimpan download yang error maupun yang belum kelar saat keluar

$ aria2c -ifiles.txt --save-session=out.txt


Saat menekan kombinasi tombol  Ctrl-C atau aria2 di-exit, semua informasierror atau download yang belum kelar  disimpan ke dalam file out.txt. File inikemudian dapat digunakan input ke aria2 untuk merestart download sepertidibawah ini:


$ aria2c -iout.txt


◦ Penggunaan aria2 dengan Proxy
-  Menset  agar  menggunakan  proxy  server untuk  semua  jenis  protokol (HTTP(S)/FTP)


$ aria2c --all-proxy='http://proxy:8080' http://host/file


Note: Opsi  --all-proxy dapat  di  “override” dengan opsi  spesifik proxy,  :


--http-proxy, --https-proxy atau --ftp-proxy.
- Menset proxy server hanya di HTTP


$ aria2c --http-proxy='http://proxy:8080' http://host/file


- Menggunakan proxy yang memerlukan autentifikasi user


$ aria2c --http-proxy='http://proxy:8080' --http-proxy-
user='username' –http-proxy-passwd='password'
http://host/file
$ aria2c --http-proxy='http://username:password@proxy:8080'
http://host/file

Catatan:
Username dan  password harusnya terkodekan dalam  “percent-encoded”.Contoh, jika username-nya adalah 'myid@domain' maka bentuk “percentencoded”adalah


'myid%40domain'.

 

◦ Fitur-fitur Tingkat Lanjut yang berkaitan dengan HTTP
- Meload cookies
Meload cookies dari Mozilla/Firefox(1.x/2.x) dan Netscape :


$ aria2c --load-cookies=cookies.txt http://host/file

Meload cookies dari Firefox3 :


$ aria2c --load-cookies=cookies.sqlite http://host/file


Catatan:
User  dapat  menggunakan  cookies  dari  Firefox/Mozilla's  tanpa  perlumodifikasinya.

 

◦ Meresume Download
Biasanya,  end  user dapat  me-resume (melanjutkan)  transfer  download hanya  dengan  memberikan  perintah  yang  sama  saat  menjalankanmendownload jika download sebelumnya menggunakan  aria2. Jika transferdownload sebelumnya dibuat oleh browser atau wget, dan downloader lain,gunakan opsi -c untuk melanjutkan transfer download.


$ aria2c -c -s2 http://host/partiallydownloadedfile.zip


◦ Membatasi kecepatan download

 
$ aria2c --max-download-limit=100K http://host/file

◦ Membetulkan download yang rusak menggunakan opsi –V


$ aria2c -V file.metalink


Catatan:
Opsi  ini  hanya tersedia untuk  BitTorrent atau  metalink dengan dukunganchecksums.
◦ Drop Koneksi jika kecepatan download lebih rendah dari yang ditentukan


$ aria2c --lowest-speed-limit=10K file.metalink


◦ Mengeksekusi command saat download selesai


$ aria2c --on-download-complete=COMMAND
http://example.org/file.iso


◦ Input File
Input  file  dapat  berisi  daftar  list  URI yang bisa  dijadikan input  ke  aria2sebagai tempat alamat mendownload.  User dapat menentukan banyak  URIuntuk satu kali  inputan,  dengan memisahkan  URI satu dengan yang laindengan menggunakan karakter TAB.
Tiap-tiap baris dari  list tersebut diperlakukan seperti argument saat bekerjadalam mode command line. Sebagai tambahan, opsi-opsi tersebut dapat ditentukan setelah URI. Opsi ini punya arti yang sama dengan opsi commandline.
Sebagai contoh, misal isi dari uri.txt adalah :

http://server/file.iso http://mirror/file.iso
  dir=/iso_images
  out=file.img
http://foo/bar

Jika aria2 dieksekusi dengan opsi : -i uri.txt -d /tmp, maka file.iso disimpansebagai  /iso_images/file.img dan didownload dari  http://server/file.iso  danhttp://mirror/file.iso. Sedangkan file bar didownload dari  http://foo/bar dandisimpan sebagai /tmp/bar.

7. Front-end Grafis (GUI) untuk Aria2
Aria2 secara  default  merupakan  program  command  line yang  dijalankanmelalui  terminal/console  atau di  dalam  script  shell.  Jika user belum terbiasamenggunakan aria2 dalam terminal, tenang saja jangan kecewa, karena sudahada front-end grafis dari aria2.
Salah  satu  front-end  grafis  ini  adalah  aria2fe.  Anda  dapat  mendownloadaplikasi aria2fe ini di : http://aria2fe.com atau http://ovh.dl.sourceforge.net/sourceforge/aria2fe/aria2fe-0.0.5.tar.bz2.  Dengan  menggunakan  interfacegrafis  ini,  bagi  yang  belum terbiasa  dengan  command  line  akan  sangat
memudahkan, lihat gambar AR.1 dibawah ini:

 

image

 

Tentang apa itu format metalink dan bittorent, sudah banyak dokumen di internetyang  menjelaskan.  Kiranya  hanya  ini  sekelumit  tulisan  tentang  Aria2 kali  ini,walaupun masih mendasar mudah-mudahan bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon