Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menginstal google chrome di ubuntu

 

                Kali  ini  akan  dipelajari  cara  menginstall  aplikasi  internet  browser  Google  Chrome/Chromium.  Chromium  adalah versi  Open Source dari  Google Chrome, yang mana fitur-fitur pada Chromium juga ada pada Google Chrome. Seperti yang kita ketahui  bersama bahwa Ubuntu tidak menyertakan browser  Google Chrome sebagai  salah satu browser internet,  karena  browser  internet  di  Ubuntu adalah  Mozilla Firefox yang merupakan aplikasi browser default.

Bagi end user yang telah terbiasa menggunakan browser Google Chrome di sistem operasi lainnya tentu dapat digunakan juga di  Ubuntu,  dapat digunakan fasilitas Ubuntu Software Center  untuk menginstall aplikasi tersebut. Perlu diingat bahwa fitur ini  hanya ada pada Ubuntu Versi 10.04 LTS, untuk Ubuntu versi 9.10 tidak akan ditemukan pilihan instalasi  browser  yg satu ini  di  menu  Ubuntu Software Center.
Baiklah,  mari  mulai  cara penginstalan browser  Google Chrome/Chromium.  Tapi sebelumnya pastikan Ubuntu anda sudah terkoneksi dengan internet.

1. Langkah awal buka Menu utama  Application - Ubuntu Software Center yang  ada disudut  kiri  atas, seperti  yang diperlihatkan pada gambar  dibawah ini.

 

image

 

2. Selanjutnya akan keluar window Ubuntu Software Center seperti dibawah ini

 

image

 

Perhatikan di  window bagian kanan, disana terlihat beberapa kategori aplikasi yang telah disediakan, pilih kategori Internet. Perhatikan gambar  dibawah ini

 

image

 

3. Pilih aplikasi  Chromium Web Browser dengan cara menggeser ke bawah scroll


yang  ada  disamping  kanan.  Tombol  Install secara  otomatis  akan  terlihat dibagian kanan ketika aplikasi Chromium Web Browser telah terpilih (gambar GC.4). Setelah itu untuk menginstalnya, anda cukup menekan tombol  Install. Jika  keluar  window autentifikasi  password masukkan  password anda  untuk mengkonfirmasi instalasi yg akan dilakukan.

 

image

 

 

Berikutnya proses instalasi akan berjalan jika password diterima, diatas tombolInstall tampil  progress  instalasi  seperti  yang  terlihat  pada  gambar   dibawah ini.

 

image

 

Setelah  proses  instalasi  Chromium Web  Browser  selesai,  window  Ubuntu Software Center  bisa ditutup. Pada tahap ini  proses instalasi  aplikasi browser Google Crome/Chromium telah selesai.

 

4. Untuk menggunakan aplikasi  Google Chrome/Chromium dapat diakses melalui
menu  Applications  -  Internet  -  Chromium  Web  Browser. Seperti  yg diperlihatkan pada gambar dibawah ini

 

image

 

Selamat  menikmati  browsing dengan  Google Chrome/Cromium sebagai  web browser anda berukut adalah riviewnya :

 

image

link sumber postingan : www.ubuntu-indonesia.com