cara menginstal printer di ubuntu linux

Tags

 

printer di ubuntu

 

 

    Printer dalam sistem operasi Ubuntu umunya sudah langsung dikenal tanpa perlu  menambah  driver printer  karena database  printer  telah disediakan untuk jenisjenis yang umum.  Misalnya  printer keluaran  HP, Epson  dan beberapa keluaran Canon.


Berikut ini langkah-langkah untuk meng-install printer di Ubuntu:


1. Hubungkan  kabel  printer  dengan  komputer  dalam  kondisi  Ubuntu  aktif,  penulis menggunakan printer USB, jadi kabel dicolok di salah satu USB port.
2. Turn on printer  maka akan ada pemberitahuan bahwa ada perangkat keras  baru ditemukan seperti dalam gambar dibawah di bawah ini.

 

print 1

3. Ubuntu  secara  otomatis  akan  mencari  driver  yang  sesuai  dengan  printer  tersebut, bila ditemukan dalam database printer  Ubuntu maka akan muncul konfirmasi seperti dalam gambar dibawah di bawah ini.

 

print 2

4. Printer HP Deskjet-3900 series sudah siap digunakan, lakukan Print test Page. Dapat diakses di menu System → Administration  →Printing,   seharusnya akan tampak daftar printer di atas kemudian klik kanan properties  → Tombol  Print test Page.

 

Bila ternyata  printer yang Anda miliki  tidak ada dalam daftar  database driver printer  Ubuntu,  seperti  jenis  Epson C90  maka Anda bisa menggunakan  driver printer Epson C79 atau T20,  Epson  T11 menggunakan driver T20. Berikut cara meng-install printer tersebut:
1. Masuk  ke-menu  System  Administration   Printing,  m→ → aka  akan  muncul  window  baru  dimana  akan  terlihat  daftar  printer  yang  terhubung  dengan Ubuntu yang digunakan (gambar dibwah)

 

print 3

 

2. Klik kanan pada  icon printer  dan pilih  properties  maka akan keluar seperti gambar  di bawah ini.

print 4

 

 

3. Setelah itu klik tombol  Change  pada  Make and Model  selanjutnya muncul window Change  Driver.  Pilih  jenis  printer  sesuai  pabrikan  masing-masing, perhatikan gambar  di bawah ini.

 

print 5

 

4. Pilih  Select  printer  from  database  kemudian  pilih  merk  printer yang digunakan.  Di  sini  penulis  menggunakan  canon  iP2770  (gambar  dibawah) kemudian  klik  forward.  Pilih  pada  bagian  Models, model  printer  yang digunakan  kemudian  pada  bagian  Drivers  pilih  yang  bertuliskan recommended dan dilanjutkan dengan klik forward.

 

print 6

 

5. Setelah klik forward maka akan mucul window seperti gambar  di bawah  ini. Kemudian pilihlah Use the new PPD (postscript Printer Description) as is kemudian tombol Apply untuk mengaktifkan.

 

print 7

 

6.Selanjutnya langkah-langkah  install  driver  printer  yang tidak tercantum dalam database Ubuntu.

 

1. Download driver printer  sesuai jenis yang Anda miliki.  Berikut  ini  referensi link download beberapa merk printer yang umum ditemukan.

2. Penulis mencontohkan install printer canon iP2770
3. Setelah  download driver canon  dilink di  atas, maka diperoleh file  cnijfilter-  ip2700series-3.30-1-i386-deb.tar.gz.  File  ini  adalah  file  terkompresi  maka  untuk  menggunakannya  perlu ekstrak di  home  masing-masing.  Setelah di  ekstrak maka akan didapatkan 2  buah folder dan 1 file seperti pada gambar 
dibawah ini.

print 8

 

4. Proses instalasi ada 2 (dua) cara yaitu:
• Cara pertama buka terminal di menu

Applications  → Accessories,

kemudian ketikan perintah dibawah ini.


$ sudo ./install.sh


Maka akan muncul gambar dibwah di bawah ini, lanjutkan dengan memasang kabel printer lalu nyalakan dan tekan enter.

print 9

 

Bila ada tampilan seperti di bawah ini tekan Enter (gambar dibwah ini).

 

print 10

 

Lanjutkan dengan mengisi  nama  printer  (gambar  dibawah)  atau langsung tekan enter.

 

print 11

Bagian  terakhir  adalah  menetapkan  printer tersebut  sebagai  default  printer,  tekan  y untuk  menjadikan sebagai  printer  default  dan  n  untuk mengabaikannya (gambar dibwah).

print 12

• Untuk  cara  kedua  yaitu  install  kedua  paket  yang  ada  dalam direktori packages  (cnijfilter-common_3.30-1_i386.deb  cnijfilter-ip2700series_3.301_i386.deb) dengan cara dibawah ini.


$ sudo dpkg -i *.deb


Atau menggunakan mode GUI dengan cara klik dua kali. Kemudian colokan  printer  ke  komputer  dan  nyalakan  selanjutnya  proses  penginstalan dilakukan dengan cara seperti di atas.

 

Berikut  ini  akan dijelaskan cara  sharing printer  jika komputer yang digunakan terhubung dalam satu jaringan lokal.
• Sharing printer sesama Ubuntu atau distro lainnya


1. Buka menu System  → Administration  → Printing
2. Klik  Add, bila muncul  gambar  seperti  di  bawah maka pilih di  bagian  Network Printer  → Fine Network Printer, kemudian pada kolom host  isikan IP  Address  komputer  yang  printernya  tekah  di  share.  Di  bawah  ini dicontohkan  bahwa  printer  telah  di-share  pada  komputer  dengan  IP Address 192.168.0.3

 

print 13

3.Setelah itu klik  find maka akan muncul  jenis printer yang di-share seperti pada gambar dibawah, klik verify untuk mengetahuai apakah printer tersebut dapat diakses

 

print 14

4. Lanjutkan dengan klik  Forward maka Ubuntu akan langsung mencari driver pada databasenya,  bila tidak ditemukan maka akan muncul  daftar  merk printer.  Pilih merk printer  lalu klik Forward sehingga muncul  window yang tampak seperti gambar  di bawah ini.

 

print 15

 

Lanjutkan  dengan  memilih  model  printer-nya  kemudian  klik  forwad dan terakhir  klik  apply.  Sekarang  seharusnya  dapat  dilihat  printer  yang terhubung bertambah menjadi 2 seperti dalam gambar  di bawah ini.

print 16

• Sharing Printer dengan Windows
Prosesnya hampir sama seperti sharing printer sesama Ubuntu namun berbedapada  Network Printer  di  sini  yang dipilih adalah  Windows Printer via SAMBA (dengan asumsi di-Ubuntu telah ter-install samba).
1. Sama  dengan  langkah  pertama  dan  kedua  di  atas,  selanjutnya  pilih  Windows  Printer  via SAMBA  pada  window select  device.  Setelah muncul gambar   di  bawah ini  maka klik  Browse.. untuk menemukan  printer yang telah di-sharing.

print 17

 

2. Pilih  Workgroup komputer  yang printernya telah di-share lalu pilih nama komputer  tersebut  (contoh gambar  PR.18 di  bawah ini).  Setelah terlihat nama printer yang di-share selanjutnya pilih printer tersebut kemudian klik OK.

 

print 18

3. Selanjutnya  akan muncul  window  untuk  memilih  driver  printer  tersebut. Sesuaikan dengan  model  printer  yang di-share  (gambar PR.19)  kemudian klik Forward kemudian Apply sama seperti langkah ke-empat pada printer sharing sesama Ubuntu.

 

print 19

Jika telah selesai maka akan tampil window seperti gambar  di bawah ini.

 

print 20


EmoticonEmoticon